Diposting Pada: Selasa, 14 April 2020
Nahdlatul Ulama (NU) Sarolangun dan MUI Gelar Bakti Sosial Berantas Covid-19


Nahdlatul Ulama (NU) Sarolangun dan MUI Gelar Bakti Sosial Berantas Covid-19Sarolangun (Kemenag) --- Dalam rangka ikut mencegah penyebaran Covid-19, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sarolangun bersama MUI Sarolangun serta Organisasi Banom NU seperti ISNU, Pergunu, Kopri dan PMII mengadakan kegiatan bakti sosial berupa penyemprotan cairan disinfektan ke Masjid, Musholla dan tempat pendidikan Islam, Selasa (14/04/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua PCNU Sarolangun Drs. KH. Muhammad Syatar yang didampingi Sekretaris Zulhitmi, M.Pd, Bendahara Ibnu Mas’ud. Dari MUI hadir H. Muhammad, S.Ag.,M.Si selaku sekretaris serta diikuti oleh pengurus yang lain.

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan sehari penuh di tiga Kecamatan dimulai dari Kecamatan Sarolangun, Pelawan dan Singkut. “Penyemprotan dimulai dari Pondok Pesantren Rahmatul Ummah terus ke Masjid dan Musholla yang ada disepanjang jalan lintas Sumatera dan berakhir di Langgar Al-Ikhlas PKDP Singkut. Kemudian dari Singkut kembali ke Sarolangun yaitu di Masjid Al-Falah Pasar Sarolangun karena disana banyak jamaahnya," terang Ketua NU, KH. Muhammad Syatar.

Ia juga menyebutkan, kegiatan ini bukti kepedulian NU dan MUI terhadap kesehatan masyarakat khususnya di masa pandemic virus corona yang mengkhawatirkan. Selain itu, dengan adanya penyemprotan disinfektan ini diharapkan umat Islam lebih tenang dalam melaksanakan ibadah terutama dalam menyambut bulan suci Ramadan.

“Kita berharap virus corona ini segera sirna dan kita dapat menyambut dan melaksanakan ibadah dibulan suci Ramadan dengan penuh ketenangan dan kekhusuan,” imbuhnya.

Sementara itu Sekjen NU, Gus Zulhitmi, M.Pd mengharapkan dukungan dari semua pihak yang diberikan kemampuan secara materi agar dapat bersama-sama dengan sikap gotong royong untuk ikut berpartisipasi dalam mencegah penyebaran covid-19.

"Bakti sosial ini adalah gerakan suci yang Insya Allah akan membawa berkah bagi kita semua, NU bersama Banomnya siap menjadi yang terdepan untuk mengajak umat dalam ber-fastabikul khairat (berlomba dalam kebaikan)*red," ujarnya penuh semangat.

Adapun area Masjid yang dijangkau meliputi ruang dalam, teras hingga kamar kecil dan area wudu. Target penyemprotan ini adalah wilayah yang sering disentuh tangan seperti gagang tangga, gagang pintu, gagang jendela, gagang pagar juga pegangan di area wudhu.

H. Murjono seorang pengurus Masjid di Singkut menyampaikan terima kasih atas aksi penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh NU dan MUI Sarolangun. “Ini salah satu cara mencegah penyebaran virus corona terutama masjid yang berada dipinggir jalan lintas Sumatera karena sering disinggahi oleh jama’ah dari luar daerah. Kami mewakili pengurus masjid mengucapkan terima kasih dengan dilakukannya penyemprotan disinfektan ini,” kata Murjono. *(Nef)

 


135x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 18.210.11.249
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved