Diposting Pada: Kamis, 23 April 2020
Ramadan Dalam Situasi Covid-19, Ini Himbauan Kemenag Sarolangun


Ramadan Dalam Situasi Covid-19, Ini Himbauan Kemenag SarolangunSarolangun (Kemenag) --- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sarolangun Drs. H.M. Syatar menerbitkan Surat Himbauan Kemenag Sarolangun yang berisi ketentuan beribadah selama Bulan Ramadan 1441 Hijriah. Surat itu berisi pesan kepada seluruh ASN Kemenag Sarolangun dan masyarakat dalam melaksanakan ibadah Ramadan di tengah pandemi Covid-19.

Surat bernomor : B-944/Kk.05.08/5/BA.01.1/04/2020 tertanggal 23 April 2020 sebagai tindak lanjut dari surat Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi. Dalam himbauan tersebut Kepala Kemenag Sarolangun mengingatkan semua ASN Kemenag dan masyarakat jika Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Terkait dengan pelaksanaan ibadah Ramadan dalam situasi cobvid-19 Ka. Kemenag menghimbau kepada seluruh pengurus Masjid/Langgar/Musholla untuk tidak menyelenggara sholat tarawih, buka puasa bersama, tadarus al-Qur’an, memperingati nuzul al-Qur’an, dan tidak melaksanakan i’tikaf pada 10 terakhir Ramadan.

“Kegiatan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang tidak boleh dilaksanakan, lakukan ibadah di rumah saja bersama keluarga,” tegas Ka. Kemenag Syatar. Kamis (23/04/2020).

Lanjutnya, Kemenag telah menerbitkan tuntunan pelaksanaan sholat tarawih dan witir bagi masyarakat yang belum mengetahui tata caranya yang bisa didapatkan di Kantor KUA setempat. “Tuntunan sholat tarawih dan witir dapat diperoleh di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan setempat atau pada Penyuluh Agama Islam (PAI) serta ASN Kemenag Sarolangun,” imbuhnya.

Ka. Kemenag berharap agar seluruh ASN (PNS dan Non PNS) di lingkungan Kemenag Sarolangun agar ikut mensosialisasikan dan mengindahkan Surat Edaran Menteri Agama dan kebijakan daerah serta semua kebijakan Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Jambi.

Ia juga menugaskan kepada Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS untuk melakukan pendataan Masjid dan Musholla yang menyelenggarakan sholat tarawih dan melaorkan kepada Ka. Kemenag Sarolangun melalui Kepala KUA Kecamatan.

Untuk kegiatan sosial berupa penyaluran zakat fitrah maupun zakat mal, santunan terhadap kaum dhuafa, anak yatim piatu agar dilaksanakan dengan mematuhi prosedur operasional standar (SOP) pencegahan penularan Covid-19.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati, melihat situasi saat ini alangkah bijaknya bila kita sama-sama memahami untuk tetap menjalankan ibadah Ramadan di rumah saja. Semoga pandemi covid-19 segera berlalu dengan berkah Ramadan,” tutur Syatar, Ka. Kemenag yang juga Ketua PCNU Sarolangun ini. *(Nef)

 


528x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 18.210.11.249
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved