Diposting Pada: Senin, 10 Mei 2021
ALUMNI MAN 1 SAROLANGUN BERBAGI PAKET SEMBAKO


ALUMNI MAN 1 SAROLANGUN BERBAGI PAKET SEMBAKO Ramadhan penuh berkah! Inilah titik awal ide yang dikembangkan oleh Alumni MAN 1 Sarolangun. Kegiatan berbagi sembako sudah dilaksanakan pada dua tahun sebelumnya, yakni tahun 1440 H dengan titik sasaran pada salah satu panti asuhan di Kabupaten Sarolagun. Dan pada tahun 1441 H memindahkan titik sasaran yang dibantu, yaitu para kaum miskin atau janda dengan banyak anak dan tidak memiliki penghasilan tetap. Serta tahun 1442 H, titik sasaran seperti tahun lalu tetapi menyebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Sarolangun.

Kegiatan yang diprakasai oleh Alumi MAN 1 yang tergabung pada komunitas literasi “Rumah Baca Lantera” tersebut memulai persiapan dengan mecoba menawarkan ide melalui WAG IKA Alumni MAN 1. Pada tanggal 5 April 2021 bebarapa Alumni megadakan pertemuan untuk membentuk panitia pelaksana dan mematangkan persiapan. Dan hasilnya terpilih Rabiul Awal sebagai ketua pelaksana dan mengeluarkan sistem pejualan kupon kepada Alumni, guru, dan masyarakat umum. Kupon tersebut dibagi mejadi 3 paket, yakni paket Rp. 25.000,00, Rp. 50.000,00, dan paket Rp. 100.000,00.

Selama 25 hari bulan Ramadhan pengumpulan dana selesai dan berhasil megumpulkan uang sebanyak Rp. 8.700.000,- (delapan juta tujuh ratus ribu rupiah). Sesuai dengan hari yang dijadwalkan pada taggal 5-6 Mei dilakukan pembelian sembako dan perlengkapan lainya serta pengepakan. Dan hasilnya berhasil membuat 72 Paket sembako dan 30 amplop.

Langkah selajutya adalah pedistribusian, dengan melakukan observasi pada di beberapa desa/keluarahan pada kecamatan Sarolagun, Bathin VIII, Pelawan, dan Pauh. Sasaran utama adalah janda tua atau kaum tidak mampu.

Satu hal yang berbeda dari tahun sebelumya, bahwa munculnya Alumni MAN Sarolangun ketika masih berstatus Filial MAN Bangko yakni Bapak Dr. As’ad Isma, M.Pd. yang sangat medukung kegiatan tersebut dengan ikut menyisihkan rizkinya untuk kaum dhuafa di tanah kelahiran beliau.

Kegiatan pedistribusian berlangsung selama dua hari, yakni taggal 7 dengan daerah tujuan kelurahan Aur gading, Sungai Abang, Ujung Tanjug, Desa Baru, dan Tinting. Kemudian pada hari kedua meliputi desa Lubuk Sepuh, Ladang Panjang, Pulau Pinang dan Karang Mendapo. Karena kegiatan berlangsug sa’at masa pandemi Covid19, maka jumlah orang yang ikut di batasi dan tetap mematuhi protokol kesehatan (Mahmud).

 


458x
Dibaca

Halaman ini diproses dalam waktu : 0.527 detik
Diakses dari ip address: 3.235.56.11
Best Viewed with Mozilla Firefox 1366x768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved